Wednesday, March 19, 2014

Asyiik lihat Pesawat Terbang...

Hari ini Rabu, 19 Maret 2014 seluruh ananda PG berkunjung ke LANUDAL JAKARTA untuk melihat jenis pesawat udara yang dioperasikan oleh TNI Angkatan Laut. Subhanallah... semua ananda antusias melihat pesawat terlebih lagi dapat masuk dan melihat langsung seperti apa pesawat yang digunakan. 
Salah satu ananda pun berujar "kok gini ya ka tempat duduknya, beda sama waktu aku ke Surabaya" ujarnya

 

Senangnya satu persatu ananda diberikan kesempatan untuk berfoto di bagian kokpit pesawat, tingkah pola nya serta komentarnya pun lucu lucu.
Ada yang tanpa instruksi langsung memasang posisi bak pilot, ada juga yang malu-malu. Saat ditawarkan jawabnya "aku mau sama papa aja di pilotinnya"

Inilah "Pilot Kelinci Air"....
 

 




 













Selain itu kami pun berkesempatan melihat pesawat yang dimiliki BASARNAS yang biasa digunakan untuk tim SAR dalam musibah pelayaran dan penerbangan, serta bencana alam.





Ananda sangat senang diberikan kesempatan untuk dapat naik dalam pesawat, dan bertingkah seperti tim SAR
"Daaaah.... aku mau tugas dulu ya...."





Pengalaman ini menjadi semakin berkesan karena bertepatan dengan para prajurit TNI AL yang akan melakukan latihan terjun payung. Wah senangnya.... Ternyata pesawat yang kami lihat akan segera digunakan untuk membawa para prajurit tersebut melintasi udara. Kami pun diberikan kesempatan untuk berfoto bersama, Terimakasih Bapak....




Selamat Jalan... Sukses Untuk terjun payungnya....


Kami pun menjauh dari pesawat, sementara bapak-bapak tadi langsung masuk kedalam pesawat. Mesin pun dinyalakan dan Subhanallah... semua ananda antusias melihat ke arah pesawat. Hebatnya tidak ada yang tampak takut dengan suara pesawat, Hebat !!!!

Alhamdulillah, kami sangat senang melihat semua ananda tampak antusias dan menikmati kunjungan. Semoga kunjungan yang singkat ini membawa kesan yang mendalam dan dapat menjadikan pengalaman untuk adik-adik PG. 
Sampai Jumpa pada Field trip selanjutnya....



























Friday, November 1, 2013

"Wisata ke Bengkel Pesawat"

Kamis, 31 Oktober 2013 mungkin menjadi hari yang paling berkesan untuk seluruh keluarga besar TB&TK Kelinci, baik kakak pembimbing, orangtua murid serta pastinya ananda, karena akhirnya kegiatan outingclass pertama di semester satu ini dapat berjalan dengan lancar, penuh keakraban, dan memberikan ilmu serta kesan yang mendalam bagi semua.
Selama tiga hari, kami kenalkan ananda dengan berbagai macam pengetahuan mengenai pesawat terbang. dan hari ini dengan bekal pengetahuan yang sudah diberikan, kami akan langsung melihat pesawat dari dekat. Sama seperti di gambar tidak ya ?.....
Kita simak yuk perjalanannya....


Pagi itu, satu persatu ananda tiba di lokasi keberangkatan. Tampak wajah berseri dan antusias dari mereka khususnya seluruh ananda TK. Meski dingin menyelimuti, ananda tampak gembira dan bersemangat. Kami pun dengan tak kalah antusiasnya menyambut ananda. Bahkan ada beberapa ananda yang tak sabar untuk segera berangkat, padahal masih banyak yang belum hadir.... 
"sabar ya'Nak..." 
Meski wajah ananda tampak antusias, beberapa orangtua tampak wajah cemas. Mungkin karena ini merupakan keberangkatan ananda yang pertama kalinya tanpa mereka. 
"Ayahbunda... Insya Allah Kami akan sangat menjaga amanah ini, mohon doanya agar dapat berjalan dengan lancar..."
Detik-detik menjelang keberangkatan membuat ananda semakin tak sabar untuk segera berangkat, begitu pun kami, terlebih mengingat jalur yang akan kami lalui merupakan jalur padat. 
Kami atur semaksimal mungkin tempat duduk ananda. Kami tempatkan ananda yang mudah mabuk di area depan dengan jarak yang dekat dengan kakak pembimbing. Selain itu kami tempatkan setiap deret kursi dengan ananda yang berbeda usia dengan tujuan menumbuhkan rasa sayang terhadap sesama dan melatih tanggungjawab ananda yang lebih besar usianya agar dapat menjaga ananda yang lebih kecil. "jaga adiknya ya Sayang..."
Waktu pun tak terasa, sudah menunjukkan waktu pukul 06.45 wib. Tampak kesibukan kakak pembimbing, ada yang menemani ananda PG yang masih bersedih karena bunda tidak ikut, ada pula yang mengajak bicara ananda yang menangis karena bunda belum melambaikan tangan dan asyik berdiskusi dengan sesama orangtua di luar sana. 
" tenang Mas Atha..., kan bus nya belum berangkat, jadi mama belum dadah dadah" ujar kakak menenangkan. 
Di sisi lain tampak kakak yang sibuk memegang telpon genggam menghubungi teman-teman yang masih belum datang, sedang kakak yang lain terus mengecek kembali kesiapan dan perlengkapan. "Insya allah kak semua sudah siap" ujar Kak Viera.  
Alhamdulillah, ananda yang ditunggu akhirnya datang juga, Ayo Pak Supir... kita siap berangkat....
"Oke teman-teman... Siap untuk berangkat ???" tanya Kak Ai
"siiap kak...." jawab ananda semangat.
Sebelum berangkat kita berdoa dulu ya...
Kami pun berdoa dipandu oleh Kak Khairiyah. Tak lupa setelah itu kami ingatkan tata tertib selama diperjalanan.  

Sejak bus bergerak, semua kakak pembimbing mulai kembali dengan aktivitasnya selain mendampingi dan mengawasi ananda dalam bus. Kak Mega dan kak Yayah membagikan roti dan susu, selanjutnya kak Richa dan kak arsy membagikan arem-arem untuk kakak pembimbing. 
"Ayo adik-adik roti nya dimakan dulu ya" ujar kakaknya mengingatkan
"kakak-kakak juga ayo makan, jangan sampai pembimbing perutnya kosong" ujar kak Richa.

Macam-macam tingkah ananda dalam perjalanan, ada yang asiik bercengkrama, ada pula ananda yang nyenyak tertidur. Selain itu ada juga ananda yang asik melihat kanan kiri lalulintas dan gedung tinggi. Alhamdulillah semua sudah menunjukkan wajah senang, tidak ada lagi yang bersedih karena bunda tidak ikut atau karena hal lainnya. Hebat !!! Bahkan ananda sangat bangga karena dapat berekreasi bersama teman-temannya. "Aku hebat kak, ga ditemenin lagi" ucap Aira dengan penuh senyum. 
Adik PG tak mau kalah ikut berkomentar juga "kok gak jalan-jalan ya kak ? banyak mobilnya." tanya Farah sambil menunjuk jalan.
  Disisi sebelah kiri tampak juga kak ayu dan kak viera sedang menangani ananda yang mabuk perjalanan. Tampak Kakak syamil tertidur pulas disamping adik janeeta yang tampak asik memperhatikan jalan sambil menyantap makanan.
Bahkan Alma dan Kilaaya pun turut tertidur pulas, sampai beberapa kali diperbaiki posisi tidurnya. "aku kan bangun pagi kak tadi" cerita Alma sebelum tidur.  
Memasuki kawasan bandara samping kanan dan kiri sudah tampak beberapa pesawat terparkir, belum lagi pesawat yang melintas. Wah... ananda pun berteriak "kak.. itu pesawatnya, sudah mau sampai ya" ucap salah seorang ananda. Sontak ananda yang tertidur pun langsung terbangun. 
"Sudah mau sampai ya kak ?" tanya Caca, "Iya, sayang... sebentar lagi" 
Kakak pun mengingatkan kembali hal-hal yang harus dipatuhi saat ananda kunjungan nanti, diantaranya adalah harus tertib, selalu dalam barisan serta tidak berlari-lari. 
"iya kak, nanti soalnya bisa jatuh" ujar Syifa.
"kok sama kaya kata ibu aku"ucap Bima.
Tak Terasa.. ternyata kita sudah berada di depan pintu gerbang Garuda Maintenance Facility. 
"Horee.... kita sudah sampai.."
Sesampai disana, Kak Ai selaku penanggungjawab melapor pada pihak GMF jumlah siswa yang ikut serta kakak pembimbing, termasuk alat yang digunakan untuk dokumentasi. 
Sambil menunggu guide dari pihak GMF, ananda turun dari mobil dan berbaris. Subhanallah ananda semua dapat berbaris dengan tertib. Kakak pendamping yang khusus mendampingi ananda yang aktif pun sigap mengawal anandanya. Bahkan kami mendapat pujian dari pegawai disana, "Hebat ya sudah nurut semua, bisa baris" 

 Alhamdulillah, pendamping yang akan menemani kami selama kunjungan sudah hadir, namanya Kak Ula. Sepertinya Kak Ula memang khusus menangani kunjungan dari sekolah TK dan SD. Beliau begitu luwes dan dapat berbaur dengan ananda kita. 
Setelah Berkenalan, beliau menjelaskan beberapa peraturan yang harus dipenuhi, salah satunya kita harus melalui pintu "X-Ray". Subhanallah.. ananda kita sudah tau fungsi X-Ray itu apa, Kak Ula sangat senang ananda semua paham. 
 "Biar yang bawa bom ketauan ya Kak" jawab Syifa.
Sebagai salam perkenalan bliau meminta siapa yang berani bernyanyi didepan teman-teman akan diberi reward buku tentang GMF. Kali ini ananda Duhat yang terpilih. Duhat dengan lantang menyanyikan lagu"Balonku" dibantu dengan teman-teman yang mengiringi. 
Subhanallah...indahnya berbagi kebahagiaan.... "Satu untuk semua, semua untuk satu"
 Insya Allah sikap ini dijaga terus sampai besar ya Nak....
Kami pun dipersilakan untuk masuk, masing-masing ananda melewati pintu X-Ray. Ananda tampak antusias dengan mesin berjalan untuk menyimpan tas yang dibawa kakak. Tampak petugas berseragam putih hitam dengan gagah mengawal dan mengawasi kami. Ananda pun penuh senyum 
melewati pintu itu.
Setelah semua ananda diperiksa, kami kembali masuk dalam bus, namun kali ini bersama Kak Ula.
Bus pun berjalan perlahan, mengitari hanggar demi hanggar..., 
Begitu banyak pesawat yang terparkir disana, Kak Ula pun menyebutkan satu persatu pesawat tersebut
"Nah... adik adik inilah GMF "Garuda Maintenance Facility atau bahasa gaulnya bengkel pesawat. Jadi pesawat pun harus dirawat agar dapat terus dipakai. Meski bernama Garuda, namun GMF ini tidak hanya melayani perawatan untuk pesawat Garuda saja, tapi pesawat lain pun diperiksa mesin dan kelayakannya disini"  sambil menunjuk dan menyebutkan pesawat dari berbagai macam maskapai. Ternyata ada dari luar negeri lho...
Kak Ula menyebutkan "saat ini kita berada di hanggar 1, merupakan Hanggar perawatan engine pesawat" begitu banyak tangga disamping pesawat. "Pesawatnya lagi dibetulin ya kak?"tanya Arsyad. 
Sesekali penjelasan dari Kak Ula ini terpotong saat terdengar suara pesawat melintas dihadapan kami "dadaaaaaah..." teriak ananda.
begitu berulang-ulang...Kak Ula pun hanya menggeleng dan tersenyum, "ada iklan terus ya...." ujarnya
Kami pun berkesempatan melihat beberapa pesawat ditarik dengan mobil menuju ke hanggar. Subhanallah... Semua ananda begitu antusias melihatnya. Kak Ula pun menyebutkan mobil itu berfungsi untuk menarik pesawat namanya Aircraft Towing Traktor (ATT)
"Hebat ya Kak, mobil kecil tapi bisa narik pesawat yang besar" ujar Kei pelan.
kami pun sampai di hanggar 2, di hanggar ini kami diperbolehkan untuk turun dari bus.

 Ananda pun turun dengan tertib dan membentuk barisan sesuai dengan kelompok masing-masing. Setiap kelompok didampingi 2 kakak pendamping, dengan satu kakak pendamping khusus untuk mengawasi satu ananda PG. 
Setelah barisan siap, Kak Ula mengajak kami untuk menghampiri salah satu pesawat. 
 Kak Ula pun menjelaskan "ini merupakan jenis pesawat kecil, coba adik-adik lihat setiap disana ada huruf, siapa yang tahu itu huruf apa ?"
"Saya Kak" jawab salah seorang ananda, "itu huruf PK" ucapnya.
"Betul...., Huruf-huruf tersebut merupakan no register pesawat, huruf PK adalah huruf yang menandakan pesawat ini adalah pesawat yang berasal dari Indonesia" 


"Yuk adik-adik, sekarang kita ke sebelah sini ya..., hati-hati.." Kak Ula mengingatkan
 Kami pun berdiri di depan sayap, kak Ula kembali menjelaskan kenapa pesawat bisa terbang, apa fungsi sayap dan juga mesin pesawat. Tentunya dengan bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti oleh ananda. 


"Sayap untuk terbang, sedangkan mesin untuk mendorong pesawat agar dapat bergerak maju"
"Yuk adik-adik, sekarang kita ke sebelah sini ya..., hati-hati.." 
  Kami pun bergerak menuju pesawat yang lebih besar, tampak disisi sebelah kanan pesawat tersebut bertuliskan "You'll Never Walk Alone"


Kami pun berada didepan mesin, dan Subhanallah salah seorang ananda bertanya "Kak kok ini beda sama yang disana tadi" ujar Adrian.
"Iya karena pesawatnya lebih besar, maka bentuk mesinnya seperti ini" jawab Kak Ula. 
Kak Ula kembali membagikan reward bagi yang dapt menjawab pertanyaannya. " Siapa yang tau tempat untuk Pilot apa namanya ?"
"Kokpit" teriak Adrian lantang. Hebat!!!
satu lagi, "Siapa yang tau tempat untuk penumpang ?"
"Nafis pun tak kalah serunya menjawab "Kabin" jawabnya
"Wah.... hebat ya sudah tau semua." ucap kak Ula dengan wajah takjub. 

Setelah mendengarkan penjelasan dari Kak Ula, akhirnya beliau mengijinkan kami untuk berfoto. Wah... asyiknya dapat berfoto di samping pesawat Garuda yang memiliki logo klub sepakbola Liverpool. ini merupakan pesawat yang mengangkut Steven Gerrard cs saat tur ke Indonesia pada bulan Juli 2013 lalu. 
Ayo teman-teman... kita buat iri ayahbunda di rumah ya... :))). Sesi ini merupakan sesi penutup kunjungan kami. Terimakasih GMF atas pengalaman yang tak terlupakan ini.

Kelompok Satu :
(Kak Siva, Syamil. Ali, Alma, Farah, Alif, Kilaaya dan Kak Asty)

                      



 Kelompok Dua :
(Kak Ai, Janeeta, Arya N, Caca, Archie, Nafis, Kynan dan Kak Rahma)

                   


Kelompok Tiga :
(Kak Richa, Fabian, Syifa, Haidar, Ahyan, Azkiya, Arya W dan Kak Ayu)







Kelompok Empat :
(Kak Arsy, Novan, Kei, Revan, Duhat, Azka, Hana dan Kak Khairiyah)

                 

Kelompok Lima :
(Kak Mega, Arsyad, Malik, Callista, Alfath, Satria, Prashna dan Kak Retno)

               

Kelompok Enam :
(Kak Viera, Atha, Keny, Vanira, Carissa, Aira, Arco dan Kak Tanty)

               

Kelompok Tujuh :
(Kak indra, Ridzki, Bima, Dzaky, Audrey, Adrian, Nizar dan Kak Indrawati)


Sampai jumpa di Field trip berikutnya...






Monday, October 28, 2013

"Ayam... Binatang dengan banyak manfaat"

A. Ice Breaking
Kamis, 24 Oktober 2013 menjadi hari penutup tema "Ayam, Binatang dengan banyak manfaat". Kegiatan penutup ini kami isi dengan berbagai kegiatan yang seru dan edukatif.
Diawali dengan berbaris dan berdoa, Kami mengajak ananda untuk bermain games "ayam dan musang". Semua ananda PG dan TK berkumpul. Subhanallah... saat membuat lingkaran ananda TK  mampu menjaga adik adik PG saat bermain.

B. Outdoors

  


Setelah berkeringat menikmati udara pagi sambil bermain ayam dan musang, ananda kami ajak untuk mencoba memberi makan ayam peliharaan kami. Ayamnya sudah dewasa lho.... Untuk menghindari ayamnya kabur, kami beri kurungan. Ananda pun dapat leluasa melihatnya dari dekat. Kakak pembimbing mencoba menjelaskan sekilas tentang jenis ayam dan makanannya. Kali ini kami menyediakan 2 jenis makanan ayam, yaitu gabah dan dedak. Kami pun memanggil ananda satu persatu untuk memberi makan dimulai dari kelas Playgroup. Wah.... Hebat ni... tidak ada yang takut ya...
Ananda bahkan berlomba volume suara memanggil "aku kak, aku mau kak" ujar seorang ananda. "kak aku juga mau kak"ujar ananda yang lain lagi. " Iya...sabar ya sayang..., nanti semua boleh coba. Adik Playgroup dulu ya" Jawab kakak pembimbing menenangkan. 
Setelah semua ananda memberi makan ayam, ananda bergegas ke ruangan yang telah disiapkan untuk kegiatan selanjutnya, apa ya ???? 
"Ayo teman-teman yang sudah memberi makan, langsung masuk kelas. Jangan lupa cuci tangan dulu ya.." kakaknya mengingatkan.

C. Indoors

Subhanallah... Ananda semua sudah duduk rapi menunggu kegiatan selanjutnya. Hebat !!!

Kegiatan Selanjutnya adalah Penjelasan mengenai ayam dan macam macam ayam. Ananda TK A dan TK B antusias mendengar dan menyimak penjelasan yang diberikan. Mulai dari bagian-bagian dari ayam, metamorfosis Ayam, serta macam-macam ayam. 
Tak lupa diakhir penjelasan ini, ada hadiah menarik yang akan diterima ananda bagi mereka yang dapat menjawab pertanyaan dari kakak pembimbing. Dan selamat untuk Haidar dan Ali dari TK A, Duhat, Caca, Syifa dan Syamil dari TK B, serta Sarah dan Callista dari PG. 

D. It's time to eat....

"Siapa yang mau makan ?????" tanya kakak pembimbing.
Serentak semua ananda menjawab "saya kak, " dengan lantang. 
"baik, yang mau makan silakan ke kelas masing-masing. kita lihat ada makanan apa ya yang sudah dimasak oleh kakak pembimbing"...


Alhamdulillah, di setiap kelas sudah kami tersedia beberapa makanan olahan ayam yang bergizi dan sehat ala chef viera dan chef mega. Untuk makanan penutup kami bekerja sama dengan POM menyediakan pepaya. Ada Soto ayam, dimsum ceker ayam, telor mata sapi, goreng ayam, sate ayam, nugget ayam. Hmmmm... pasti yummy deh..... 
Oia karena hari ini akan makan sehat bersama, ananda kami minta untuk tidak membawa bekal. Kami pun meminta 6 orang perwakilan dari POM untuk dapat membantu ananda dalam memilih makanan. Terimakasih bunda-bunda atas bantuannya....




Ananda pun berbaris dengan tertib, memilih makanan yang ingin di coba nya. Bunda Richa dan Bunda Fitri membantu di kelompok A, Bunda Dzaky dan Bunda Rahmah di kelompok B, serta Bunda Retno dan Bunda Lenydi kelompok PG.
"Aku mau sama sate" ujar Ali menjawab. 
"Aku mau sayur sama sate juga" jawab Kei
"AKu mau ini" ujar Malik dan Ridzki sambil menunjuk kepala ayam.
Subhanallah.... Malik dan Ridzki ternyata suka sekali....





Subhanallah.... senangnya melihat ananda mau menyantap makanan sehatnya dengan lahap. Bahkan ada yang berkali-kali nambah lho.... sampai 6x hihihi...
Ada juga yang biasanya sulit makan, jadi semangat makan dan bahkan ikut berulang kali nambah juga...
"iih... kok nambah terus sih, emang belum kenyang ?" tanya syifa pada temannya.
"aku mau tambah lagi nasi dan sayurnya, sama ayamnya juga" ujar Aira. 
Suasana kebersamaan ditambah penyajian yang menarik dan pasti rasanya yang enak membuat ananda semangat untuk menghabiskannya. Yang tidak suka pepaya, malah asik makan pepaya. 
Lelah pun hilang jika melihat apa yang kami sajikan disukai oleh ananda. 
Terimakasih sayang.... Hari ini menjadi hari yang tak terlupakan....
Sampai bertemu di kegiatan makan sehat selanjutnya...