Friday, January 23, 2009

MANASIK HAJI 1

Ananda TK-A dan TK-B mengadakan kegiatan Manasik Haji Pada hari Jum'at 23 januari 2008, Semua ananda memakai pakaian Ihram. kegiatan ini dimulai pukul 08.00 di awali dengan mendengarkan cerita awal muasal berdirinya Ka'bah, kegiatan-kegiatan apa saja di dalam ber haji, terjadinya air zam-zam, anak-anak mendengarkan dengan antusias sehingga banyak pertanyaan dan pernyataan yang terlontar dari bibir mungil mereka. seperti kenapa baju ihram harus seperti ini kan malu?, kenapa lempar jumrah, Thawaf, Sai harus tujuh kali,dan kenapa ada kegaiatan tahalul (memotong 3 lembar rambut) dll, kakak-kakakpun berusaha untuk memberikan penjelasan dengan benar dan dengan bahasa yang mudah di mengerti oleh mereka.
Kegiatan di awali dengan membaca niat Haji Labbaik Kallahumma hajjan, kemudian Wukuf di Padang Arafah, seluruh ananda di minta untuk banyak-banyak berdo'a seperti meminta kesehatan, kepintaran dll, membaca istighfar 3x, ayat-ayat Al-Qur'an seperti surat Al-Fatihah, Al-humajah dan Al-Kautsar,Do'a ke dua orang tua dan keselamatan dunia akhirat, merenung hal-hal apa saja yang pernah menyinggung orang tua kita. Kemudian ananda melakukan perjalanan ke muzdalifah dan bermalam untuk mengambil kerikil, setelah itu berjalan melewati terowongan mina menuju tempat melontar jumrah sambil membaca takbir, Sesampai di lokasi lontar jumrah di sana ananda di minta untuk membaca bismillahi Allahu Akbar setiap akan melontar jumrah,disana ananda diminta untuk melontar ke 3 tempat yaitu Jumrah Aqobah, ula, Wustho. Karena ini hanya manasik haji maka di laksanakan sekaligus pada satu hari dan jumlah batu/kerikil yang di lempar juga hanya 3. Namun pada pelaksanaannya kakak2 berusaha menjelaskan kalau sebenarnya ketika berhaji jumlah batu yang dilempar sebanyak 7x pada setiap jumrah dan pelaksanaannya 3 hari yaitu 10 dzulhijjah-13 dzulhijjah. Setelah selesai melontar ke 3 jumrah lalu kembali ke Makkah untuk Thawaf mengelilingi ka'bah 7 x dengan membaca rabbanaa atinaa fiddunya hasasa wafil ahiroti hasana waqinaa Adzabannar dan Sai berlari-lari kecil 7 x dengan membaca innashofa walmarwata min saA irillah dari Sai ke Marwah setelah itu menuju tahalul, dimana anak-anak akan di potong rambutnya sedikit dari 3 lembar rambut oleh kakak.
setelah itu anak-anakpun diberikan kurma dan air Zam-zam. Beberapa anak ada yang pada awalnya tidak suka makan kurma seperti nabilah, shallom Aurel,lalu melihat teman-temannya asik makan akhirnya jadi suka dan minta tambah lagi hingga berhasil makan 4 buah kurma. Namun Fawwaz yang tidak suka Kurma berhasil juga makan kurma meski cuma satu buah he he he.