Saturday, November 6, 2010

KEGIATAN HARIAN ANANDA



Kegiatanku setiap pagi sesampai di sekolah, Aku mengucapkan salam dan bersalaman dengan kakak2 pembimbing TB & TK Kelinci, lalu aku mengisi buku absen dengan menuliskan namaku.









Setelah itu aku melepas sepatu dan kaos kaki serta menyimpanya di rak sepatu, kemudia aku masuk ke dalam kelas untuk mengambil namaku dan menempelkannya di bajuku ( dengan jepitan pakaian).









Ketika mendengar suara kecrekan, kamipun siap-siap berbaris... ayo berbaris mari berbaris ......






Salah satu dari kami bertugas menjadi pemimpin bertugas memimpin barisan dan memeriksa kebersihan kuku, gigi, telinga dan rambut kami ( tetap dalam pengawasan pembimbing dan di catat di buku kesehatan.









Lalu kamipun masuk ke kelas kami masing-masing .... Kemudian kami membaca doa harian seperti belajar, kedua orang tua,beberapa surat pendek, hadist dan asmaul husna. Agar semangat setelah itu kami melakukan permainan ( ice breaking) terlebih dahulu.




KEmudian kami masuk ke circle time... dimana pembimbing bercerita tentang sesuatu hal baik mengenai moral, ilmu pegetahuan ataupun informasi mengenai sesuatu hal yang baru ditemui. pada sesi ini anak2 aktif ingin ikut bercerita ataupun merespon cerita pembimbing...





Untuk circle time tidak harus di dalam kelas, di luar kelas juga kadang kami lakukan untuk menghindari kejenuhan ruangan.

















Kegiatan belajarpun sangat menarik, anak-anak tidak merasa kegiatan yang dilakukan adalah belajar.Suasana begitu menyenangkan.... Dalam pembelajaranpun kami menggunakan berbagai macam media.
































Ini salah satu kegiatan pembelajaran melatih percaya diri... para pembimbing membuat panggung mini lalu anak2 diminta untuk naik panggung dan bernyanyi lagu anak2 kesukaannya.









Dalam pembelajaran kami melatih anak-anak untuk mandiri dan bertanggung jawab, mereka mengambil dan mengembalikan perlengkapan tugasnya ke dalam tempatnya, dan semuanya di beri nama dengan tujuan anak-anak akan terlatih mengenal huruf dan dapat membaca dengan baik tanpa harus ada latihan membaca, metode di sekolah kami adalah belajar dengan pembiasaan yang menyenangkan.



Ketika waktu istirahat ananda di minta untuk cuci tangan, dan membaca doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi, alhamdulillah ananda kami sudah sebagian besar hafal dengan doa tersebut.




















Setelah selesai cuci tangan lalu kami mengambil bekal kami dan meletakkan sepotong kue untuk berbagi, kemudian kami membac doa makan dan siap deh menyantap bekal lezat kami yang di bawakan bunda tercinta.






Selesai makan, lalu kami cuci tangan kembali dan membaca doa selesai makan, kemudian mengambil kaos kaki dan memakainya di kelas kami sambil menunggu waktu pulang biasanya kami berdiskusi tentang kegiatan kami selama satu hari apa saja yang sudah kami lakukan, apa saya yang terjadi dan apa yang perlu di perbaiki baik secara nilai moral dan akademik ( kognitif, bahasa, seni, Fisik Motorik).






Setelah membaca surat Al Asr, soa keluar rumah dan naik kendaraan, kakak pembimbingpun mengizinkan kami keluar ruangan untuk pulang, lalu segera kami bersalaman dengan kakak pembimbing dan memakai sepatu.... ada pembiasaan di sekolah kami yaitu mengunakan sepatu bertali dengan tujuan nanti bila sudah SD kami sudah terbiasa tanpa di bantu lagi.





kakak pembimbing keluar lebih dahulu ke halaman sekolah untuk mengecek penjemput kami, apakah yang menjemput kami sudah di kenal pembimbing atau belum, dan penjemput kamipun di minta untuk tanda tangan.
Lalu kakakpun berpesan hati-hati di jalan ya... sampai ke temu besok... assalamu'alaikum...