Wednesday, November 11, 2009

AKTIVITAS TK-A TEMA TANAMAN



Selesai berkeliling kebun ananda dan kakak duduk do teras di kelas dan mengumpulkan benda-benda yang ditemukan selama berkeliling kebun, ananda ada yang menemukan batu, daun yang sudah sangat kering, mulai kering dan daun yang masih muda, anandapun diminta untuk menghitung berapa benda yang berhasil dikumpukannya, kemudian saling membandingkan satu sama lain, siapa yang paling banyak, paling besar,kecil berat dan lain sebagainya.

Hasil karya ananda pada tema : tanaman, pada kegiatan bermain stempel dengan belimbing, wortel dan jari teunjuk, kemudian finger painting dengan gambar pohon.







Kakak Pembimbing memberikan informasi tentang apakah itu tanaman, dimana saja tanaman hidup, bagaimana tanaman hidup,bagian-bagian dari tanaman, fungsi akar, daun dan sinar matahari, Siapa yang menciptakan tanaman, dan manfaat dari tanaman. Kakakpun memperlihatkan ada tanaman yang bisa hidup dengan media tanah dan juga dengan media air.


Mencoba sains indera penciuman, Pertama-tama ananda diperkenalkan 3 macam aroma buah-buahan seperti durian, nangka dan mangga, ananda satu persatu mencium aroma buah - buahan tersebut, kemudian kakak meminta memejamkan mata lalu kakakpun mendekati ananda dan mengarahkan salah satu buah ke arah hidung dan meminta ananda untuk mencium aroma buah dan menebak nama buah, kemudian bila belum tau
kakakpun meminta untuk meraba kira-kira buah apa ya.... sambil belajar mencium, meraba juga merasa dengan memakan buah-buahan kakakpun mengajak diskusi dan bersyukur ternyata hidung, kulit dan lidah kita banyak manfaatnya ya... sehingga kita harus menjaganya sebaik mungkin, karena Allah sudah memberikan kepada kita, coba bagaimana bila kita tidak memiliki mata, tangan, kulit, hidung dan lidah apa yang terjadi........












Kakak mengenalkan berbagai jenis bunga... mulai dari bunga mawar, melati, kamboja, kenanga, anggrek, sepatu, bugenvil, gerbera, crisan, sedap malam, Sehingga ananda dapat memegang dan mencium aroma bunga dari macam bunga yang ada.





Kakak memperlihatkan beberapa jenis kacang-kacangan, mulai dari kacang tanah, merah, hijau dan tolo kemudian anandapun membandingkan besar kecilnya kacang yang satu dengan yang lain. Setelah ananda melihat, lalu kakak mencoba menginformasikan bahwa kacang dapat juga tumbuh dengan media kapas. Anandapun di ajak menanam dengan media tanah dan kapas.






Selain menanam kacang-kacangan kakak pembimbing juga memperkenalkan menanam beberapa jenis tanaman yang bibitnya mudah di dapat seperti bawang merah, putih, bombay, cabai, kangkung, melon, dan juga tanaman apotik hidup seperi kunyit, dan jahe.