Wednesday, October 21, 2009

COOKING CLASS TK-A okt 09


Rabu yang cerah ini ananda TK-A melaksanakan kegiatan cooking sebelum memasak ananda TK-A menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu berhubung akan memasak sayur bayam jadi ananda TK-A panen dulu deh di kebun sekolah... Asyik ujar mereka .....ananda TK-A antusias sekali, mereka memetik sebanyak mungkin.







Setelah terkumpul banyak lalu bayam yang terkumpul segera di bersihkan/di cuci. Setelah bayam bersih daun bayampun di petik/disiangi. Kemudian kakak mengenalkan bahan apa saja yang diperlukan untuk masak, anandapun di minta mencium untuk dapat membedakan mana yang bawang merah dan putih, sambil kakak mengiris bawang kakakpun mengajak ananda menghitung jumlah bawang yang ada dan tinggal berapa setelah beberapa bawang diambil untuk di iris di jadikan bumbu sayur bayam, Anandapun menghitung dengan senang dan semangat.

Setelah siap semua, kakakpun merebus air hingga mendidih dan siap dimasukkan daun bayamnya, Ayo siapa yang mau mencoba memasukkan bayamnya.... saya ... saya... saya... " ayo sabar ya saling bergiliran.











Setelah sayur siap, kamipun menyiapkan lauknya... hari ini kita akan membuat lauk perkedel tahu udang... asyik... asyikkk seru amadea... Siapa yang mau membantu menghaluskan tahunya seperti biasa ananda TK-Apun saling duluan bilang saya... saya..., seluruh anakpun mendapat kesempatan menghaluskan tahunya, setelah tahunya halus, lalu di masukkanlah udang cincang, daging cincang, daun bawang, seledri ,bawang putih dan merah, garam,merica, gula sedikit. Setelah itupun ananda TK-A saling bergiliran mencoba memasukkan perkedel tahu-udang ke dalam penggorengan.

Setelah aroma harum gurih dari perkedel tercium aikyo, amadea, Alyaa pun berujar hm harum ya.. harum ya.. enakk Asyikkk Aku jadi terasa lapar nih kata mereka. "iya sabar ya nanti kalo sudah matang kita makan bersama.... Asyikkk asyikkk hore... Setelah semua matang lalu kami menyiapkan bahan jus melon anandapun bersorak riang, sebelum melon dikupas kakakpun mengajak belajar mengenal melon.... bentuknya seperti apa ya..?, rasanya bagaimana?.. bijinya bagaiamana besar, kecil sedikit atau banyak...lalu ananda TK-Apun menjawab dengan semangat dan percaya diri. Setelah itu kamipun membuat jus melon bersama-sama dengan bahan (buah melon, susu kental manis)


Setelah semua siap... kamipun cuci tangan dan maka siap -siap menyantap makanan hasil masakan kami bersama-sama... ananda TK-Apun bertepuk tangan riang, ketika kakak membagikan piring, sendok dan gelas. Kemudian kakak memberikan nasi, sayur, dan perkedel tahu. Sebelum makan berdo'a dulu ya.....kemudian... Ayo silahkan makan..... dihabiskan ya... kalo ada yang mau nambah boleh.... hore hore hore.... ternyata ananda Tk-A ini senang makan hasil masakannya karena ada yang nambah 1-3 x, ada juga yang dirumah tidak mau makan sayur, hari ini mau makan sayur senang deh melihatnya :)